Kenapa Startup Sering 'Bakar Uang'? Seberapa Efektif Sebenarnya Cara Tersebut?
'Bakar Uang' ialah arti yang terkenal dilapisan startup. Untuk seorang pemilik usaha, kita dituntut untuk dapat lihat beberapa jenis tipe kekuatan yang dapat kita kerjakan untuk tingkatkan pemasaran kita sekalian menganalisis kekuatan pasar yang ada. Arti bakar uang salah satu taktik marketing untuk menganalisis kekuatan pasar, dan untuk tingkatkan pemasaran produk / layanan kita.
Kekinian ini, pada beberapa tanggal unik, kita sering lihat promo iklan digital atau konservatif seperti promosi 9.9 untuk mengingati tanggal 9 bulan 9. Walau sebenarnya tidak ada peristiwa apa saja pada tanggal itu. Semua cuma gimmick taktik pemasaran yang digerakkan perusahaan untuk tingkatkan engagement mereka dimata customer serta membuat seakan tanggal-tanggal itu 'spesial' sebab ada promosi yang mereka selenggarakan.
C-Level satu startup biasanya akan lakukan rapat mingguan atau bulanan dengan beberapa investor nya. Memberikan laporan apa-apa saja yang terkait dengan pemasaran, taktik pemasaran, dan lain-lain. Pasti mereka tidak dapat memberikan laporan hal sepele yang tidak memberi kepuasan investornya, supaya investor takjub dengan yang perusahaan kerjakan, pasti harus ada rangkaian taktik yang dapat tingkatkan sales hingga membuat investor tetap yakin serta memberikan modal nya di startup mereka.
Salah satunya taktik yang termasuk 'ekstrim' ialah taktik bakar uang. Mengapa dikasih arti demikian, sebab langkah ini menjadi backfire buat perusahaan jika mereka tidak berhasil melakukan nya dengan pas serta dapat membuat mereka hancur.
Taktik promosi 9.9 sama seperti yang saya katakan di atas salah satu memiliki bentuk. Membakar uang berbentuk promosi serta voucer besar untuk membuat customer kerasan serta ingin terus memakai aplikasi kita serta jadi setia. Saat kesetiaan konsumen setia telah terjaga, karena itu tentu saja revenue tetap akan tercipta buat perusahaan. Lantas sebetulnya berapa efisien kah taktik ini dalam menggandeng konsumen setia baru?
Di dunia pemasaran, ada arti CAC (Konsumen Acquisition Cost), ialah arti yang dipakai untuk hitung ongkos yang dibutuhkan untuk menarik customer baru pada produk kita. Analogi gampang nya ini, promosi yang dilaksanakan oleh E-Commerce seperti 9.9 ialah buka toko mereka serta mempersiapkan produk mereka dimuka mata customer.
Memang tidak akan semua customer terjaring dengan langkah ini, tetapi bila ada 50 orang yang melalui dimuka toko kita, karena itu paling tidak ada demikian % orang yang akan tertarik serta masuk pada toko kita. Langkah ini kita kerjakan terus-terusan minimal 1-2 bulan, karena itu customer yang awalnya telah masuk di toko kita serta mendapatkan promosi menarik, akan ajak orang paling dekatnya untuk coba pengalaman yang sama juga dengan yang dia alami. Dari sini kekuatan satu perusahaan dalam 'menjajakan' produknya pada customer pemula dites.
Berapa besar efisiensi dari promosi 'bakar uang' ini balik lagi pada pematangan gagasan yang kamu kerjakan. Kecuali pastikan promosi digerakkan seutuhnya serta dikerjakan dengan jalurnya, kamu harus juga tekankan kualitas produk atau layanan yang kamu menawarkan worth it buat customer. Hingga mereka akan tertarik untuk balik lagi. Oleh karena itu kuncinya, bukan membuat customer tiba sekali, tetapi tiba kembali lagi serta balik lagi.
Salah satunya startup yang tengah lakukan taktik ini ialah halojasa. Perusahaan startup layanan ini tawarkan beberapa promosi untuk menarik customer baru dan lama pada aplikasi mereka. Mereka tawarkan promosi bonus 50k cukup dengan unduh serta register pada aplikasi mereka. Buat customer lama, mereka akan memberi cashback 20% dan bonus 20k yang akan masuk di dompet digital mereka di aplikasi halojasa yang dapat mereka pakai untuk order service di halojasa.
Langkah semacam ini benar-benar efisien untuk menggandeng customer baru serta membuat customer lama kembali lagi repeat order. Promosi yang berjalan dari 14-20 September ini dapat di turuti beberapa golongan, promosi mereka sekarang ini terbuka buat kalian yang bertempat di JADETABEK, karena tempat jangakauan service mereka yang sekarang ini ada di beberapa kota itu. Untuk selanjutnya nya, kamu dapat datangi account Instagram nya untuk pelajari promosi ini selanjutnya.
halojasa